Senin, 31 Januari 2011

ULER SERIT

Bila penderitaan akibat alang-alang dengan logot digabung, beginilah hasilnya. Saat anda berjalan di semak-semak di hutan dan tiba-tiba kulit anda terasa panas seperti kesentuh setrikaan atau nginjak puntung rokok, berarti anda telah menyentuhnya. Inilah dia, ULER SERIT. Berbentuk pipih dengan bulu menyamping mirip serit (sisir untuk mencari kutu rambut) dan berwarna hijau, adalah ulat yang memiliki bisa paling kuat di keluarga uler-uleran. Bila anda terkena ulat ini, segera cari ulatnya, pencet sampai keluar kotorannya dan oleskan ke bagian yang tersengat. Karena itulah adalah obat yang paling mujarab.

Minggu, 30 Januari 2011

LOGOT

Ini adalah tersangka berikutnya anggota gang penyebar kesengsaraan di hutan. Logot, adalah sejenis duri berbisa yang berukuran sangat lembut yang melekat di slumpring bambu. Berwarna coklat tua atau hitam akan membuat kulit terasa panas dan gatal-gatal seperti kena air aki. Bila terkena logot ini, anda bisa mengatasinya dengan menggosok-gosokkan bagian yang terkena logot ke rambut. Konon karena bentuknya yang mirip dan diduga masih bersaudara, sehingga logot-logot itu akan pergi mengikuti rambut.

ALANG-ALANG

Kami perkenalkan beberapa musuh bebuyutan para petualang kecil jaman dulu. Yang pertama adalah ALANG-ALANG (rumput ilalang). Rumput yang tumbuh tinggi, kaku dan dilengkapi duri di sepanjang daunnya ini  siap mengiris siapa saja yang berani menyentuhnya. Ini adalah ujian kekebalan wajib bagi setiap petualang jaman dulu. Anak-anak yang seneng platasan ke hutan, saat pulang dan cuci kaki secara otomatis biasanya kulit kakinya akan terasa perih dimana-mana. Tidak usah tanya paranormal, tidak usah nyewa detektif. Bisa ditebak dengan mudah. Ini pasti ulah rumput alang-alang.

Jumat, 28 Januari 2011

NIHIL

Saat baru masuk SD kami kerap saling bertanya: "NIHIL itu siapa yo ? Kok sering gak masuk ?" ...

S I A

Waktu sekolah SD dulu di kelas selalu ada papan keterangan bagi siswa yang tidak masuk sekolah. Ada kolom S, I dan A yang menurut kami merupakan singkatan dari SAKIT, IZIN dan ALASAN. Padahal seharusnya adalah SAKIT, IZIN dan ALPA. Kami berpendapat seperti itu bukan tanpa alasan. Penyebabnya adalah setiap murid yang tidak masuk tanpa surat keterangan, apapun jawabannya ketika ditanya oleh Bapak/Ibu Guru, selalu dimarahi dengan kata-kata " Ah ... Alasaann ...".

SCORPION

Wong Lanang : "Bali eh. Arek nyetel kaset SPORKION ...".
Mbatine kancane: "Mugo-mugo kupinge dientop ketunggeng sisan ...".

Terjemahan :
Laki-laki : " Pulang dulu ah. Mau muter lagu SPORKION ..."
Temannya berkata dalam hati : "Moga-moga telinganya disengat kalajengking sekalian ...".

KAPORIT

Wong : "Walah .. !!! Banyune ora enak ... Mambu favorit ...".
Mbatine kancane: "Wis tak ngombe oralit  sisan. Timbang ketularan mencret ...".
Terjemahan :
Orang : " Aduh ...!!! Airnya gak enak ... Bau favorit ..."
Temannya berkata dalam hati ; "Aku minum oralit sekalian saja akh. Biar ga ketularan mencret ...".

SERTIFIKAT

Ibu : " Kuwe SRIPIKATE dipotokopi sik yo ...".
Mbatine anakke : " Mugo-mugo nyong ora terpikat karo mbak Sri ...".

Terjemahan :
Ibu : " Itu SRIPIKAT-nya difotokopi dulu ..."
Anaknya berkata dalam hati ; "Semoga aku gak terpikat sama mbak Sri ...".

Kamis, 27 Januari 2011

SEWOR

Kebanyakan orang Jakarta mandi pakai SHOWER ...
Sedangkan kebanyakan orang Wonosobo mandi pakai SEWOR ...

*) SEWOR = Adalah gayung yang terbuat dari tempurung kelapa.

PERSEPSI

Barang siapa merasa Tahun 2010 merupakan tahun yang penuh keberkahan, maka Tahun 2011 akan menjadi tahun yg membahagiakan buat dia ...
Barang siapa merasa Tahun 2010 merupakan tahun yang penuh kesedihan, maka Tahun 2011 akan menjadi tahun yg menyengsarakan buat dia ...
Begitu seterusnya ... Segala seuatu tergantung persepsi dari dalam diri kita masing-masing ...

TEKANAN DARAH TINGGI

Info Kesehatan: Bagi para penderita gejala stress/depresi, darah tinggi dan jantungan ada baiknya lebih banyak makan dengan lauk ketimun, kerupuk atau kecap. Harganya yang murah tidak akan menambah stress/menaikkan tekanan darah dan tidak berpotensi membuat jantung anda empot-empotan saat membayar ...

Selasa, 25 Januari 2011

TUMBU-TUMBUAN

Tumbuh-tumbuhan di Jakarta ada yang dari kayu, bambu, gedebog, dan lain-lain ...
Di Wonosobo tumbu-tumbuan semua berasal dari bambu ...

*) TUMBU= Wadah berukuran besar yang terbuat dari anyaman bambu.

MIGRANT CARE

MIGRANT CARE ...adalah sebuah LSM yang peduli terhadap nasib para TKI di luar negeri, sedangkan saudara kembarnya di Wonosobo, yaitu MIGREN CARE lebih menfokuskan diri mengurusi para penderita sakit kepala sebelah ... 

DEREK GRATIS

Di jalan tol banyak "DEREK GRATIS", kalo di Wonosobo banyak "NDEREK GRATIS" ...

*) Nderek : adalah bahasa Wonosobo yang artinya ikutan/numpang ... 

Senin, 24 Januari 2011

I DON'T KNOW

Sampai sekarang artinya I don't know saya tidak tahu ...

UANG

Kepada kaum hawa ... Hati-hatilah jika berhubungan dengan pria Wonosobo. Walaupun uangnya besar, belum tentu dia kaya ...

*)Uang/Wang = Bahasa Wonosobo yang artinya rahang. Jadi kalo uangnya besar jadinya sangar kan ?

Apa

What itu artinya apa ...

BM

Di Jakarta orang banyak mengkonsumsi BARANG MEWAH ...
Di Wonosobo orang banyak mengkonsumsi BAWANG MERAH ...

Minggu, 23 Januari 2011

GANGSING

Ini adalah permainan yang memerlukan keahlian khusus. Anak-anak rela menyisihkan waktu berharga mereka demi mengasah kemampuan bermain gangsing. Karena akan sangat memalukan jika saat memainkannya nanti gangsing ga mau berdiri muter, tetapi malah montar-monter kesana kemari ga karuan. Ini benar-benar bisa manjatuhkan harga diri dan martabat seorang anak ...

TEGEL

Orang Jakarta bilang : " Nginjak-injak tegel ...",
Orang Wonosobo bilang "Tegel nginjak-injak ...".

*)Tegel = Keramik Jaman Dulu.
*)Tegel = Bahasa Wonosobo yang artinya tega/sampai hati.

EMAS

Emas termasuk barang terlarang di Wonosobo ...

*)Larang = Bahasa Wonosobo yang artinya mahal (Terlarang = Termahal)

Sabtu, 22 Januari 2011

SATU

Kenapa kue berbahan dasar kacang ijo berwarna putih ini tidak pernah dapat diproduksi secara massal, masih merupakan misteri yang belum terpecahkan oleh para ahli dari WK University. Berapapun kacang ijonya, pake mesin merk apapun, berapapun tenaga kerja dikerahkan tetap saja cuma menghasilkan kue satu ...


*) SATU = Adalah kue berwarna putih berbahan dasar kacang hijau dan dibentuk dengan cetakan dalam berbagai motif.

MERANA

Setiap wanita yang kangen banget sama kota Wonosobo, akhirnya pasti merana ...

*) Merana = Bahasa Wonosobo yang artinya "pergi kesana". 

DIR-DIRAN/NEKERAN

Jika di dunia olahraga ada sepakbola, maka inilah sepakbolanya permainan anak-anak. Permainan paling populer yang mampu menyedot kehadiran penonton paling banyak. Jika permainan jenis lain biasanya hanya dimainkan dengan teman-teman tetangga sekitar atau paling luas dalam skup satu kampung, maka dir-diran/nekeran adalah permainan yang sudah bersifat global. Tidak dibatasi area RT, RW atau bahkan desa. Permainan ini sudah mengenal area-area favorit yang menjadi jujukan para pemain profesional. Permainan ini juga sudah mengenal divisi dan peringkat-peringkat pemain, sehingga biasanya para pemain cenderung untuk menghindari pertemuan dengan pemain yang peringkatnya lebih tinggi. Perbandingan yang paling dekat adalah Liga Primer dengan divisi-divisi di bawahnya di Inggris ...

PRAU OTHOK-OTHOK

Ini adalah salah satu mainan anak-anak populer yang sudah melibatkan teknologi. Kapal ini digerakkan dengan mesin uap. Pengapian menggunakan kapuk/kapas dengan bahan bakar lengo lentik/minyak goreng. Agar mesin uapnya bisa bekerja, corong kapal terlebih dahulu harus diisi air. Saat yang paling menegangkan adalah ketika menunggu detik-detik keberhasilan pengoperasian mesin uapnya. Ketegangannya mungkin hampir setara dengan ketika para ahli NASA akan meluncurkan pesawat ulang-alik di cape canaveral kennedy space center. Jika sukses, maka mesin akan hidup, kapal jalan diringi dengan bunyi othok-othok yang khas. Anak-anak akan lega dan bersorak-sorai menyambut keberhasilan ini. Yaitu tadi, mirip ketika para ahli NASA bersorak-sorai penuh kegembiraan ketika pesawat ulang-aliknya sukses meluncur ke orbit ...

PIT RODA TIMBEL

Mainan ini populer di sekolah-sekolah. Pada jam istirahat biasanya anak-anak untuk mengadu ketrampilan memainkannya. Keahlian yang dinilai adalah dalam hal kecepatan memutar roda menggunakan tali yang sekarang digunakan oleh kalangan tukang sol untuk menjahit sepatu. Sebenarnya ada berbagai macam bentuk mainan ini, tetapi yang paling populer adalah bentuk pebalap sepeda ...

KACANG BABI

Mungkin orang-orang merasa asing dengan nama kacang babi. Tetapi sebenarnya kacang babi adalah nama lokal asli dari kacang dieng. Mungkin karena nama kacang babi kurang menjual karena mayoritas penduduk Indonesia muslim yang nota bene mengharamkan daging babi sehingga dikhawatirkan kurang laku di kalangan wisatawan pendatang. Banyak orang menduga kacang ini ada hubungannya dengan daging atau lemak babi,. Padahal nama ini kemungkinan diberikan karena jika sudah digoreng bentuk kacangnya menjadi seperti babi. Soal rasa. Hmmm ... Saya ga perlu menceritakan apapun. Silahkan coba dan rasakan sendiri. Kemungkinan besar Anda akan segera memborongnya untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh ...

CIPLUKAN

Tumbuh liar di sembarang tempat, buah ini termasuk salah satu buah favorit dan sangat terkenal di kalangan anak-anak. Rasanya yang enak, wujud & warna yang indah serta cara mengupas yang uniklah yang menjadi alasannya. Saat ini ciplukan mulai dikenal secara nasional karena diyakini memiliki khasiat untuk mengobati penyakit tertentu ...

Jumat, 21 Januari 2011

MLANDHING

Dikenal juga dengan nama Lamtoro. Bentuknya mirip petai tetapi dalam ukuran mini. Oleh karena itu biasa juga disebut Petai Cina. Rasanya enak mirip petai tapi dalam kadar yang rendah. Saat buahnya masih muda disebut keplek. Keplek ini bisa dimakan sama kulit-kulitnya karena masih renyah. Biasanya dibuat rujakan oleh anak-anak kecil. Saat ini masih dikonsumsi oleh masyarakat di pedesaan. Biasanya untuk campuran sayuran pada pecel atau pelas.(pepesan/bothokan).



MENTENG

Namanya mengingatkan kita pada suatu kawasan elit di Jakarta. Padahal buahnya sangat bersahaja. Mirip duku tetapi sedikit lebih coklat tetapi kulitnya berkilauan. Daging buahnya berwarna putih atau merah. Rasanya cukup standar dan tidak ada yang terlalu istimewa dari buah ini. Saya sering merasa iba jika memikirkannya ...

SAWO KECIK

Sekilas mirip buah kelapa sawit atau melinjo tetapi menjadi sangat lunak saat matang. Dengan bentuk lucu, warna-warni yang menarik dan rasa yang manis pulen seperti jenang atau selai kacang, sungguh sangat mengherankan buah ini termasuk buah langka dan tidak banyak orang yang tertarik untuk membudidayakannya. Cara makan buah ini seperti makan ubi rebus. Dikupas dulu kulitnya yang tipis lalu dimakan ...

GOWOK

Jika anda ingin menemukan pengejawantahan dari rasa kecut dalam arti yang sesungguhnya, anda sudah menemukan pirantinya. Inilah gowok ... Raja dari segala raja buah kecut. Sebenarnya warnanya sangat menarik, begitu menipu ... Seolah-olah menawarkan rasa manis, tapi begitu merasakannya lidah anda langsung terasa kaku dan rahang terasa mau retak menahan rasanya yang super kecut ...

KEPEL

Merupakan buah langka yang menjadi rahasia kecantikan para putri raja jaman dulu. Siapa yang makan buah ini bau badan dan air seninya akan menjadi lebih harum. Bentuk buah dan warnanya mirip sawo. Tetapi kulitnya benar-benar liat dan alot. Di dalamnya ada biji yang besar berwarna coklat mirip geol (biji salak). Perlu perjuangan untuk membuka buah ini ...

DUWET

Apakah anda penggemar anggur ? Apakah anda penggemar salak ? Selamat ... Anda telah menemukan buah yang memadukan kedua buah tersebut. Bentuk dan tampilan layaknya anggur dengan rasa manis dan sepet perpaduan buah anggur dan buah salak. Inilah solusi terbaik buat penggemar anggur dan salak yang harganya semakin mahal akhir-akhir ini. Anak-anak sangat gemar buah ini, karena di samping rasanya yang enak mereka dapat hadiah hiburan berupa warna ungu yang membekas di bibir dan lidah mereka. Saya menduga pencipta permen JAGO*N NEON mengambil inspirasi dari buah eksotis ini ...

RANTI

Buah ini tumbuh liar di semak-semak. Bentuknya sangat indah. Bulat berkilaiauan bak mutiara hitam kualitas terbaik. Rasa dan bentuknya serupa dengan tomat, tetapi lebih manis. Salah satu kejutan yang ditawarkan buah ini adalah sensasi letusan-letusan saat geligi kita menggilasnya ...

MURBEI

Banyak tumbuh diperengan-perengan di sekitar rumah kita. Ini benar-benar buah istimewa. Memadukan anggur dan strawberry dalam hal rupa dan rasa. Dibilang mirip strawberry karena bertekstur bintik-bintik dan berwarna merah saat mulai matang. Dibilang seperti anggur karena bentuknya ranum dan berwarna ungu mirip rangkaian buah anggur dalam ukuran mini. Dalam hal rasa, rasa buah anggur terasa lebih dominan. Kira-kira perbandingannya ya 80% anggur 20 strawberry lah ...

UCEN

Tumbuh liar di hutan. Sangat disukai anak-anak. Kalo dibilang ayam kampung lebih enak dari pada ayam negeri, maka tidak mengherankan juga jika ada yang menilai bahwa Strawberry kampung ini lebih enak rasanya daripada Strawberry negeri. Demi mendapatkan cita rasa lezat dari buah ini, anak-anak di kampung berani mangambil resiko kulit kaki dan tangannya kebeset-beset ranting pohonnya yang dipenuhi duri. Menurut mereka, hal itu sebanding dengan apa yang akan mereka raih ...

Kamis, 20 Januari 2011

SETIAP ORANG DILAHIRKAN KAYA RAYA

SETIAP ORANG DILAHIRKAN KAYA RAYA
Percaya ndak kalo kita semua sebenarnya sangatlah kaya raya? Kalo ga percaya dan masih ragu-ragu mari kita hitung nilai aset yang secara tidak sadar telah lama kita miliki.
Apakah anda memilik anak (semoga yang belum dikaruniai anak segera mendapatkannya) ? Jika anda memiliki seorang anak, bolehkah jika anak anda dibeli senilai 100 milyar ? Jawabannya tentu saja tidak. Jadi silahkan hitung berapa nilai kekayaan bagi orang yang memiliki lebih dari satu anak. Kemudian untuk ayah kita. Bolehkah beliau dibeli seharga 100 miyar? Pasti tidak boleh. Padahal nilai ibu kita adalah 3 kali nilai ayah kita. Belum lagi lengan senilai  5 milyar perbatang , mata 10 milyar perbiji dan akan meningkat harganya jika dijual sepasang, yaitu menjadi sekitar 25 milyar. Anda bahkan tidak mungkin mau dibayar  1 trilyun jika kesehatan anda diganti dengan suatu penyakit kronis.
Tentu saja itu hanyalah ilustrasi. Nggak ada yang mau beli semua aset-aset tersebut. Tetapi bukankah merupakan suatu fakta yang tak terbantahkan jika kita memiliki sesuatu yang berharga sangat mahal yang kadang-kadang kita sendiri tidak menyadarinya.
Saya tidak meremehkan setiap problematika yang setiap saat selalu menyertai kehidupan kita. Saya cuma berharap agar teman-teman yang merasa menghadapi persoalan yang seakan-akan tidak terselesaikan menjadi merasa lebih ringan dengan mengingat bahwa kita masih memiliki segala sesuatu yang mampu membuat kita bahagia. Jadi bagi yang merasa terbebani karena masalah keuangan, pekerjaan, pasangan hidup, keluarga, dan lain-lain, marilah kita berhitung kembali. Lebih besar yang mana, nikmat yang kita miliki ataukah persoalan yang kita hadapi. Kalo menurut hitungan kita nikmat yang ada masih lebih besar, maka itu merupakan modal yang bagus untuk menyelesaikan masalah yang ada.  Jika menurut anda ternyata persoalannya sudah sedemikian berat dan sepertinya tidak terpecahkan, maka saya hanya bisa mendoakan agar persoalan yang anda hadapi segera menemukan jalan keluar …

MACET

Orang Jakarta kalo lagi MACET cemberut dan ngomel-ngomel ...
Orang Wonosobo kalo lagi MACET tersenyum manggut-manggut penuh kepuasan ...


*) MACET = Bahasa Wonosobo yang artinya nyantai sambil minum dan makan kue/jajan pasar ...

GAJI

Orang paling dermawan di dunia adalah tukang bakso. Hanya tukang bakso yang tidak pernah menolak memberikan gajih kepada siapapun yang meminta, walaupun yang meminta itu bukan pegawainya ...

*) Gajih = Lemak yang menempel pada daging sapi.

ORGANISASI PALING SMART

Dalam sebuah organisasi profesi pastilah tidak luput dari orang-orang bodoh yang menjadi anggota di dalamya, kecuali satu, yaitu IPBI (Ikatan Pandai Besi Indonesia) ...


*) Pande Besi = Tukang membuat peralatan dari besi (Pisau, cangkul, dll)

RISI

Mana yang paling ngriseni/mengganggu :
1. Ilat klebon rambut (Lidah kemasukan rambut),
2. Seliliten,
3. Telapak kaki nginjak/ketempelan nasi ,
4. Susuben,
5. Timbilen,
6. Anyang-anyangen,
7. Agi mlaku sandal jepite pedot, mlakune dilarak-larak (Sandal jepit putus),
8. Kulit driji mburi kuku seset-seset (Kulit ujung jari terkelupas),
9. Agi upacara sikile dirubung laler (Lagi upacara kaki dikerubuti lalat),
10. Agi ujian pilek. Sentlap-sentlup (Lagi ujian pilek, ingus meler terus),
11.,Meduk bis/angkot kupinge budek. Cangkeme mangap-mangap ngenteni mak ''poh'' (Tuli habis naik bus),
12. Sepatune klebon krikil (Sepatu kemasukan kerikil),
13.Telake keceprut ri unjar/rese (Duri nyangkut di tenggorokan - Rony Wahyudi), ataukah
14. Agi kondangan cd-ne nylempit (Lagi kondangan CD nyelip - Lisa Bagus) ...

Rabu, 19 Januari 2011

MALAIKAT

Moga-moga malaikat punya akun fesbuk. Soalnya banyak temen-temenku yg berdoa lewat status. Takut ga kebaca ...

*) Original

SALON

Peringatan bagi ibu-ibu sekalian. Berhati-hatilah kalo pilih salon di Wonosobo. Salah-salah keluar dari salon bukannya tambah cantik, tapi malah telinga jadi tuli karena kebrebeken ...

*) Salon = Kotak berisi speaker untuk memperkeras suara.
*) Kebrebegen = Pekak.


PENYAKIT KULIT

WK DERMA CENTER : Daftar penyakit kulit yang menjadi musuh kaum hawa Wonosobo di era 80’an :

1. Di wajah = Burasen
2. Di kaki = Busik

3. Di bibir = Kuyuhan coro (dikencingi kecoak)
4. Di kepala = Bundis 

5. Di tangan = Kutilen/cuplaken.
6. Di telapak kaki = Breceken/Tracaken
7. Di lengan = Bekas imunisasi cacar.


*) Original

BERTEMAN

Bertemanlah seperti pertemanan Tong & Seng. Walaupun sama2 ga bisa dimakan tapi setiap mereka ketemu selalu menjadi hidangan tongseng yang lezat. Jangan seperti Garam Inggris sama Kunci Inggris. Walaupun bersaudara, mereka tak pernah bisa bersatu ...

INFO LALU LINTAS

Info Lalu lintas : Bagi kawan-kawan yang pulang ke arah Cibubur, Bekasi, Bogor, Depok dihimbau agar tidak mengambil jalur Tol Merak ...

*) Original

KINERJA

Suatu institusi yang berbasis kinerja hrs menerapkan sistem reward & punishment yg baik. Kinerja karyawan yg baik memerlukan stamina prima. Mrk tdk boleh terlalu lelah dlm bekerja dan harus memperbanyak waktu istirahat. Dan menurut penelitian para ahli, istirahat terbaik adalah tidur ... (monggo yg pengen kinerjanya bagus ... zzz ... zzz ... zzz)

*) Original

HIKAYAT SUNDA KELAPA

Hikayat Sunda Kelapa : Karena para penghuninya sangat gemar makan daging srundeng (daging yg dicampur parutan kelapa), maka daerah tersebut dinamakan Cililitan ...

PERTANYAAN MAHA SULIT

Inilah daftar 10 pertanyaan TEKA-TEKI SILANG tersulit yang pernah ada :
1. Tiga huruf = Belut bertelinga.
2. Tiga huruf = Udang Kering.
3. Tiga huruf = Kulit Tipis.
4. Tiga huruf = Buah Pinggang.
5. Tiga huruf = Diulang : Alat untuk memanen padi.
6. Tiga huruf = Maskapai Penerbangan Malaysia
7. Tiga Huruf = Organisasi Kesehatan Dunia
8. Empat huruf = Kerangka Layang-Layang
9. Empat huruf = Kantor Berita Iran.
10. Empat huruf = Dikte


*) Original

ANDA

Jangan pernah mengadu nasib ANDA ke Wonosobo. Karena dari dulu, sekarang dan selamanya, di Wonosobo, ANDA akan selalu diinjak-injak ...

*) Anda = Bahasa Wonosobo yang artinya TANGGA.



Selasa, 18 Januari 2011

RONDE

Sehebat-hebatnya Mike Tyson ... Sehebat-hebatnya Chris John ... Kalo disuruh menghabiskan 12 ronde di Wonosobo pastilah KO dia ...


*) Ronde = Minuman rasa jahe untuk menghangatkan badan.

MINYAK SINGA

Di seluruh dunia dikenal berbagai macam minyak yang diekstrak dari berbagai jenis hewan. Misalnya: Minyak Ikan, Minyak Tawon, Minyak Kalajengking, dll. Tapi hanya satu jenis minyak yang berasal dari ekstrak hewan buas, yaitu Singa. Jenis minyak ini hanya ada di Wonosobo dan dikenal dengan nama LENGO LION (MINYAK SINGA).

*) LION = Bahasa Wonosobo yang artinya Minyak Tanah.

JENIS-JENIS DARAH

ERITROSIT = Sel darah merah. Adalah jenis sel darah yang paling banyak dan berfungsi membawa oksigen ke jaringan-jaringan tubuh.
LEUKOSIT = Sel darah putih ini berfungsi untuk membantu tubuh melawan berbagai penyakit infeksi.
NINGRATOSIT= Sel darah biru. Di dalam tubuh orang kaya akan menjadikan orang tampak berwibawa, kalo pada orang miskin akan menimbulkan lebam-lebam seperti orang habis digebukin.
LONGGORTOSIT = Sel darah tinggi. Banyak terdapat pd orang yg temperamental.
KLOWORTOSIT = Sel darah rendah. Banyak ditemui di kalangan orang miskin yang jarang dapat kesempatan makan daging kambing. Paling-paling setahun sekali pas Hari Raya Qurban.
SUMUKTOSIT = Sel darah panas. Kebanyakan dimiliki oleh orang yang lagi mriang.
ATISTOSIT = Sel darah dingin. Banyak dimiliki cowok-cowok cool.
MENGKODISIT = Sel darah malas. Pemiliknya orang-orang pemalas. Jam sembilan pagi masih sedekul sarungan di tempat tidur ...
*) Mengko disit = Bahasa Wonosobo yang artinya nanti dulu.
*) Original

Senin, 17 Januari 2011

PENYAKIT KELAS TINGGI

Menurut para balita dan orang cedhal di Wonosobo, penyakit yang paling tinggi pangkatnya adalah "JANTUNG COLONEL" ...


*) Original

MENGGAPAI MIMPI

Janganlah kau berhenti bermimpi. Karena tidak jarang mimpi itu menjadi kenyataan. Terutama kalo mimpimu adalah mimpi sedang kencing ...

*) Original

BARANG

Eksotisme Bahasa Wonosobo : Kalimat ini bisa diucapkan dengan 1 macam kata saja dalam bhs Wonosobo : "Lha wong ngamennya minta barang-barang juga". Dalam bahasa Wonosobo = "Barang mbarange barang-barang mbarang ...".

*) MBARANG = Bahasa Wonosobo yang artinya "NGAMEN"
*) MBARANG = Bahasa Wonosobo yang artinya "JUGA"
*) BARANG = Bahasa Wonosobo yang artinya "ORANG/LHA WONG"


JEMBATAN EMAS

Era Reformasi adalah JEMBATAN EMAS menuju kemajuan & kejayaan bangsa. Mari berame-rame berhenti dijembatan itu. Kita preteli bareng-bareng, kita jual terus kita bagi rata. Mumpung emas lagi mahal-mahalnya. Lumayan buat modal nanam lombok, mumpung lagi mahal-mahalnya juga ...


*) Original

KEJU

Teknologi pembuatan keju Eropa jauh tertinggal dari Wonosobo. Kalo orang Eropa perlu bahan baku & proses fermentasi yg memakan waktu, orang Wonosobo cukup angkat tangan satu jam tanpa bahan baku akan langsung menghasilkan keju ...

*) KEJU = Bahasa Wonosobo yang artinya pegal/capek.

KATEGORI JALAN

Menurut pemerhati tata kota dari WK, hampir seluruh kota di dunia membagi jalan menjadi 2 kategori, yaitu Jalan Besar & Jalan Kecil, kecuali Wonosobo. Kota ini membagi jalan menjadi 3 kategori. Di samping ada Jalan Besar & Jalan Kecil, di Wonosobo juga ada Jalan Tanggung ...

*) Jalan Tanggung = Adalah nama satu jalan yang cukup besar dan terkenal di Wonosobo.
*) Original

TOLERANSI

Saya merasa lebih baik tidak berkomentar mengenai pembakaran Al-Quran atau penusukan jemaat gereja. Karena komentar saya tidak akan berguna buat siapapun, tapi malah berpotensi mengurangi kehangatan persahabatan dengan teman2 saya yang sudah ada, atau mungkin kehilangan mereka ...

KEBEBASAN BERBICARA

Pada era ORBA, sulit sekali mencari tokoh/orang yang bisa/berani bicara. Semua diam dan menerima kebenaran pendapat pemerintah. Saat era REFORMASI, sangat sulit menemukan tokoh/orang yang bisa/berani diam. Semua pingin ngomong, seolah-olah pendapatnya yg paling benar ...



Minggu, 16 Januari 2011

ISI ULANG

Cotton bud, tusuk gigi,pembalut gratis ! Silahkan pakai. Setelah dipakai harap dikembalikan ke tempat semula agar dapat dipakai pengunjung berikutnya. Tetaplah jaga kebersihan. Terima kasih ...

*) Original 

Sabtu, 15 Januari 2011

SISTEM PERBANKAN WONOSOBO

Sebelum sistem perbankan ditemukan, masyarakat Wonosobo sudah mengenal sistem penyimpanan keuangan yang rapi dan spesifik. Ini dia perinciannya :
1. KUTANG/REKENING GIRO = Untuk menyimpan uang dalam jumlah yang tidak terlalu banyak dan lalu lintas/mutasinya cukup sering.
2. KENDIT/SLEPEN/TABUNGAN = Untuk menyimpan uang dalam jumlah yang cukup banyak, pemakaianya tidak terlalu sering, tetapi sewaktu-waktu dapat dicairkan.
3.BUNDELAN JARIK/KAIN/KUPLUK/PECI = Merupakan penyimpanan uang kecil yang setiap saat dapat digunakan. Dalam sistem pembukuan dikenal sebagai PETTY CASH/KAS KECIL.
4. NGISOR BANTAL = Tabungan yang mengutamakan keamanan dana nasabahnya. Jumlahnya biasanya tidak terlalu besar.
5. NGISOR KASUR = Tabungan yang mengutamakan keamanan dana nasabah dalam jumlah besar.
6. CELENGAN/BUMBUNG = Merupakan penyimpanan uang yang diambil dalam jangka waktu tertentu. Sekarang dikenal dengan sebutan DEPOSITO BERJANGKA ...


*) Original

KEKER TEMBUS

Saat masih kecil dulu, salah satu kebohongan (lebih tepatnya kengarangan) kami yang paling populer adalah adanya keker tembus (teropong yang penglihatannya mampu menembus semua benda). Menurut kami pemilik keker tembus itu adalah Pak Camat (karena jabatan tertinggi di daerah kami waktu itu adalah camat). Pernah suatu saat saya mengarang cerita/berbohong sama salah satu temenku kalo aku pernah minjem keker itu dari Pak Camat. Apa jawaban temenku tadi ? Kata dia "Saya juga pernah minjam". Dan akhirnya kamipun terlibat dalam pembicaraan yang serius mengenai kelebihan-kelebihan dan spesifikasi keker tersebut. Padahal tentu saja kami berdua sama-sama ngarang ...


*) Original

Jumat, 14 Januari 2011

FAUNA MIKROSKOPIS WONOSOBO

Mengenal fauna mikroskopis Wonosobo:
1.TINGGI: Berwarna coklat tua. Penghisap darah. Baunya tidak terlupakan. Habitat: Kasur ... 
2.KOR: Adalah anak tumo/kutu rambut yg baru menetas dari lingsa. Gigitannya mampu membuat kepala manusia terasa runyap (gatal gak ketulungan). Habitat: Kepala ...
3.TENGU: Hewan berwarna merah ini bisa menimbulkan rasa gatal luar biasa. Menular dari ayam. Habitat : Dirahasiakan ... 
4.RENGIT: Berbentuk mirip lalat tapi berukuran lebih kecil. Berwarna coklat tua. Suka mengerubuti tape atau pisang yang terlalu masak. Habitat: Meja makan ...
5.MRUTU: Kecil berwarna hitam dan senang terbang di sekitar kepala manusia. Gigitannya menimbulkan bentol yang besar dan rasa gatal akut. Suka mengincar telinga dan kelopak mata manusia. Habitat: Sebelah kanan kiri kepala kita ... 
6. KRUMO: Segala jenis bakteri pathogen penyebab koreng, kudis, kurap, gudig, dll. Habitat: Gak usah disebutkan. 
7. SINGGAT: Juga disebut uget-uget. Ulat yang punya cita2 jadi lalat. Habitat: Bangkai, buah busuk, sampah ...

*) Original

PERNYAKIT

Kata kakek/nenek kami, pada jaman mereka dulu, di Wonosobo tidak pernah ditemukan adanya penyakit. Pada masa itu kota kami adalah kota yg bebas penyakit (saat itu yang ada di Wonosobo adalah pernyakit) ...

*) Bahasa Wonosobonya penyakit pd zaman kakek/nenek kami adalah "PERNYAKIT atau PRENYAKIT"
*) Original

TIBA

Biasanya kalo ada pejabat tiba, selalu ada upacara penyambutan, berbeda dengan di Wonosobo. Di kota ini kalo ada pejabat tiba, kalo gak ditolong ya diketawain ...

*)Tiba = Bahasa Wonosobo yang artinya "JATUH"


JAM BEKER

Jam beker adalah jam hasil temuan orang Wonosobo. Artinya jam yang bisa distel agar pada saat tertentu langsung mbekér-mbekér ...

*) mBeker = Bahasa Wonosobo yang artinya "BERTERIAK"
*) Original

KERAH

Jangan sekali-kali mengerahkan massa di Wonosobo. Di kota ini, mengerahkan dua ekor kucing saja, pasti hasilnya ribut ...

*) KERAH = Bahasa Wonosobo yang artinya berkelahi/bertengkar.
*) Original

CACING TAMBANG

Dinamai cacing pita karena bentuknya pipih memanjang seperti pita. Dinamai cacing tambang karena ... ???

*) Umumnya orang akan menjawab karena bentuknya seperti tambang. Yang benar adalah karena cacing tersebut banyak menyerang para pekerja yang bekerja di pertambangan.
*) Original

KATA ULANG

Andheng-andheng, uyeng-uyeng, ulo-ulo, epek-epek, ugel-ugel, uci-uci, embun-embunan, enthol-enthol, pupu, ...

*) Andheng-2 = Tahi Lalat
*) Uyeng-2 = 
*) Ulo-2 = Tulang punggung
*) Epek-2 = Telapak tangan
*) Ugel-2 = Pergelangan tangan
*) Uci-2 = Penyakit sejenis kutil
*) Embun-2an = Ubun-ubun
*) Enthol-2 = Betis
*) Pupu = Paha

PIALA DUNIA 4

Baru menghadapi 5 pemain Belanda berdarah campuran Indonesia saja Spanyol sudah kerepotan. Gimana kalo mereka harus ngadepin 11 pemain Indonesia asli ... ???

*) Original

PIRANG

Entah masih ada garis keturunan dari Eropa atau faktor genetis lainnya, tapi faktanya hampir seluruh orang Wonosobo rambutnya pirang-pirang ...

*) PIRANG-PIRANG = Bahasa Wonosobo yang artinya "BANYAK SEKALI"
*) Original

AKAR KATA

Bahasa Indonesia mengenal akar kata. Misalnya kata belut, balut dan kalut memiliki akar kata yang sama yaitu "lut" yang artinya bergulung-gulung. Bahasa Wonosobo-pun demikian. Ada akar kata "ndhil" yang berarti berbentuk agak bulat dan bertekstur lunak. Contoh : candhil, mendhil, indhil-indhil, cindhil, dll ...
*) Candhil = Makanan sejenis jenang.
*) Mendhil = Kotoran Kambing.
*) Indhil-Indhil = Bahasa Wonosobonya bakso.
*) Cindhil = Anak tikus yang baru lahir.
*) Original

LATIN

Ada siang ada malam, ada hitam ada putih, karena ada Amerika Latin maka sudah seharusnyalah ada juga Amerika Gedrik ...


*) LATIN = Bahasa Wonosobo yang artinya tulisan dengan huruf tersambung.
*) GEDRIK = Bahasa Wonosobo yang merupakan lawan dari LATIN, yaitu tulisan dengan huruf terputus-putus.
*) Original

WEDI

Wedi keno wedi ... 
(Takut kena pasir ...)

*) WEDI = Bahasa Wonosobo yang bisa berarti "TAKUT" tetapi bisa juga punya arti "PASIR".
*) Original

PIALA DUNIA 3

Piala Dunia : Buat wisatawan yg berkunjung ke Wonosobo, jangan lupa mampir ke perkampungan keturunan SERBIA. Kebanyakan dari mereka bergerak di bidang usaha persewaan gedung (GEDUNG SERBIA GUNA), pasar swalayan (TOKO SERBIA ADA) dan toko satu harga (TOKO SERBIA 5000) ...


*) Original

PIALA DUNIA 2

Piala Dunia 2010 : Menyusul kemenangan Georgius Karagounis, Giorgios Samaras, Vasileios Torosidis dkk, warga keturunan Yunani di Wonosobo merayakan kemenangan dg makan makanan tradisional yg berasal dr negara mrk spt : Gewos Iris Lubis, Tumis Koro Buncis, Timus Isi Gendis, Lupis Lapis Manis, Pelas Pepes Tawes , dll ...

*) Original

Kamis, 13 Januari 2011

DIENG





Anda tentu telah banyak mengetahui tentang Dieng. Hawa dingin, kabut, jalan terjal, kawah, candi, bau belerang, perkebunan kentang, perkebunan kol dan lain-lain adalah hal-hal yang identik dengan Dieng. Jika bisa dijejerkan, terjalnya jalan menuju Batu di Malang dan Puncak di Bogor akan minder jika dibandingkan dengan terjalnya jalan menuju Dieng. Bayangkan saja, di mana lagi anda bisa naik bus besar sampai ke kepundan sebuah gunung selain di sini, di Dataran Tinggi Dieng. Negeri tempat bersemayamnya para dewa ...

BUNTIL

Jenis makanan yang terbuat dari godhong lumbu (daun keladi) ini adalah cerutu atau kaviar-nya orang Wonosobo. Menyusun lembaran-lembaran godhong lumbu saat membuat buntil tidak kalah dengan saat pembuatan cerutu. Parutan kelapa, ebi atau ikan teri yang dipadu dengan bumbu-bumbu warisan nenek moyang ibarat kaviar. Bahkan lebih enak lagi. Kalo buntil ini direbus dengan santan dan ditaburi pete, jangankan melihat, mendengarnya saja Anda sudah ngences (meneteskan air liur) ...


Resep : Menyusul (sedang nanya ibu di kampung)

SEGO MEGONO

Inilah salah satu bintang dari kuliner khas Wonosobo. Ya. Segono Megono adalah sarapan setengah wajib bagi warga kota ini. Anda harus mencicipinya dengan mulut dan lidah Anda sendiri agar benar-benar mengetahui seperti apa kejutan-kejutan yang akan terjadi di setiap kunyahan. Apabila disandingkan dengan teman wajibnya yaitu Tempe Kemul, maka mereka berdua ibarat Ricky Subagja/Rexy Mainaki. Tidak terkalahkan.
Anda ingin tahu deskripsi terbaik tentang rasa Sego Megono dan Tempe Kemul jika digabungkan ? Kira-kira begini: Pada kunyahan kelima Anda akan merasakan sensasi seperti ketika Kate Winslet & Leonardo Di Caprio naik kapal Titanic. Sedangkan pada kunyahan kesepuluh, anda benar-benar akan lupa bahwa anda masih punya hutang yang harus dibayar ...


Resep : Menyusul (Lagi nanya sama ibu di kampung)

CEPAK

Di tempat lain yg cepak-cepak biasanya tentara, kalo di Wonosobo yangg cepak-cepak biasanya orang lagi pacaran ...

*) CEPAK = Bahasa Wonosobo yang artinya dekat.

SEDERHANA

Kebanyakan org mengalami kesulitan krn bergaya hidup 2-3 tingkat di atas penghasilannya (boros), sebaliknyakebanyakan org sengsara krn bergaya hidup 2-3 tkt dibawah penghasilannya (kikir). Org akan hidup bahagia jk bergaya hidup sesuai dg penghasilannya. Sesungguhnya sebaik-baik urusan adalah yang berada di tengah-tengah …

*) Original

VUVUZELA

Piala Dunia 2010 : Bahasa Wonosobo-nya "VUVUZELA", bagi orang Jakarta akan terdengar seperti omelan/umpatan, yaitu: "SOMPRET !!!"

*) Original

Rabu, 12 Januari 2011

RAFTING SERAYU

Jika anda menginginkan petualangan yang seru anda dapat mencoba rafting/arung jeram di Sungai Serayu. Lokasinya sekitar 10 km arah Purwokerto. Tidak seperti lokasi arung jeram di tempat lain yang umumnya sulit dijangkau, lokasi arung jeram Sungai Serayu sangat mudah dicapai karena terletak dipinggir jalan utama Wonosobo-Purwokerto. Seperti mau pergi ke waterboom saja pokoknya rasanya lah. Jadi anda tidak perlu bercapek-capek di perjalanan. Sungai Serayu bisa digunakan untuk arung jeram hampir sepanjang tahun karena debit airnya tidak terlalu terpengaruh oleh curah hujan. Start arung jeram dimulai dari titik point 2 desa Singomerto. Jarak dari Krasak ke Singomerto 25 Km. Lebar sungai berkisar 12-25 m. Selama pengarungan terdapat standing wave yang seru dan menantang.

SEJARAH DIENG


Candi Dieng (Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah)

          Dieng adalah nama pegunungan yang berada sekitar 26 kilometer ke arah utara dari Kota Wonosobo, Jawa Tengah. Luasnya kurang lebih 619,846 hektar. Wilayahnya dikelilingi oleh beberapa gunung (gugusan gunung). Gunung-gunung itu antara lain: Sumbing, Sindoro dan Pegunungan Dieng sendiri. Nama Dieng, berasal dari kata Di-Hyang yang berarti "tempat bersemayamnya para dewa". Di ketinggian sekitar +/-2100 meter dari permukaan air laut ada suatu dataran berukuran sekitar 14.000 meter persegi. Dataran tinggi tersebut merupakan daratan yang terbentuk oleh kawah gunung berapi yang telah mati. Bentuk kawahnya terlihat jelas dari dataran yang terletak di tengah yang dikelilingi oleh bukit-bukit. Beberapa kawahnya masih aktif secara vulkanik. Yang paling terkenal adalah kawah Si Kidang. Dinamai Si Kidang karena kawah ini aktif berpindah-pindah lesana kemari layaknya kidang/kijang. Disamping itu, ada juga aktivitas vulkanik yang berupa gas/uap panas bumi yang dialirkan melalui pipa dengan diameter yang cukup besar. Gas panas bumi itu dijadikan sebagai pembangkit listrik. Satu hal yang menarik adalah di dataran tinggi tersebut ada peninggalan nenek moyang yang berupa beberapa candi (kompleks percandian).

           Komplek Candi Dieng dibangun pada masa Hindu, karena di areal percandian tersebut banyak ditemukan peninggalan-peninggalan berupa arca-arca Dewa Siwa, Wisnu, Agastya, Ganesha dan lain-lainya yang bercirikan agama Hindu. Namun, masyarakat setempat (sekitarnya) menamainya dengan tokoh-tokoh wayang Purwa dalam lokan Mahabarata, misalnya Candi Arjuna, Candi Gatotkaca, Candi Dwarawati, Candi Bima, Candi Semar, Candi Sembadra, Candi Srikandi dan Candi Puntadewa. Nama candi-candi tersebut tidak ada kaitannya dengan fungsi bangunan dan diperkirakan nama candi-candi diberikan setelah bangunan candi tersebut ditinggalkan atau tidak digunakan lagi. Sampai saat ini belum diketahui secara pasti siapa yang membangunnya. Yang jelas bahwa berdasarkan salah satu dari 12 prasasti yang ada, kompleks percandian tersebut dibuat 731 (Saka) atau 809 Masehi. Jadi, pada awal abad ke-9.



Komplek percandian yang ada di dataran tinggi Dieng itu dapat dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu Candi Arjuna, Candi Gatotkaca, Candi Dwarawati, dan Candi Bima. Masing-masing kelompok terdiri dari beberapa candi yang juga dinamai dengan nama tokoh-tokoh dalam cerita Mahabarata. Berikut ini akan diuraikan benda-benda cagar budaya yang terdapat dalam komplek percandian di dataran tinggi Dieng dari arah utara ke selatan.

Kelompok Candi Dwarawati
Kelompok Candi Dwarawati terletak paling utara diantara candi-candi di dataran tinggi Dieng yang didirikan di Bukit Perahu. Dahulu kelompok ini terdiri dari dua buah candi, yakni Candi Dwarawati (di sebelah timur) dan Candi Parikesit (di sebelah barat). Namun, saat ini yang masih berdiri hanya Candi Dwarawati saja. Candi Dwarawati menghadap ke arah barat dengan bentuk empat persegi panjang, berukuran panjang 5 meter dan lebar 4 meter, sedangkan tingginya 6 meter. Pada masing-masing dinding luar dan dalam candi terdapat relung-relung tempat arca yang sudah kosong, kecuali sebuah alas arca di dalam bilik candi (dhatu garbha). Sedangkan, atap candi berhias menara-menara kecil dan dihias dengan simbar-simbar lukisan kepala. Bentuk atap dan hiasan-hiasannya merupakan pengaruh dari India Selatan.

Petirtaan Bimo Lukar
Pertirtaan ini berupa kolam yang bermata air jernih, aliran airnya cukup deras, dan berukuran 5 m x 2,5 m x 1 m. Bangunannya terdiri dari susunan batu yang berhiaskan relief. Airnya disalurkan melalui beberapa pancuran.

Kelompok Candi Arjuna
Kelompok Candi Arjuna merupakan kelompok terbesar. Kalau orang mengatakan Candi Dieng, biasanya yang dimaksud adalah kelompok Candi Arjuna, padahal sebenarnya masih banyak kelompok yang lain. Kelompok yang memanjang dari utara ke selatan ini terdiri atas dua deretan candi, yakni deretan sebelah timur dan sebelah barat.

Deretan sebelah timur semua menghadap ke barat dan terdiri atas beberapa bangunan candi, yakni: Candi Arjuna-Srikandi, Puntadewa, dan Sembadra. Sedangkan, deretan sebelah barat tinggal satu candi yang masih berdiri, yakni Candi Semar yang berhadapan dengan Candi Arjuna.

Berbeda dengan kelompok Candi Dwarawati yang denahnya empat persegi panjang, candi-candi kelompok Arjuna berdenah bujur sangkar, tanpa penampil, hanya di bagian depan terdapat bilik pintu masuk yang menjorok ke depan. Pada dinding terdapat relung-relung dan hiasan-hiasan. Di bagian depan berhias kala-makara. Atapnya kaya akan hiasan. Sayang, kebanyakan candi di komplek ini sudah rusak dan beberapa diantaranya tinggal fondasinya saja. Sebenarnya sekitar 200 meter di sebelah barat-daya kelompok Candi Arjuna terdapat sisa-sisa bangunan yang dikenal sebagai Candi Setyaki, Petruk, Antareja, Nala Gareng, Nakula dan Sadewa, namun sudah sulit diidentifikasi karena tinggal fondasi-fondasinya saja.

Kelompok Candi Gatotkaca
Candi Gatotkaca tempatnya agak tinggi dibandingkan dengan kelompok Arjuna, yakni di sebelah barat telaga Bale Kambang dan di lereng bukit Panggonan. Candi Gatotkaca menghadap ke barat dan berdenah bujur sangkar berukuran 4,5 m x 4,5 m, dengan penampil pada masing-masing sisinya.

Kelompok Candi Bima
Kelompok Candi Bima kini tinggal satu candi saja dan terletak pada deretan ujung paling selatan, menghadap ke timur. Baturnya bujur sangkar berukuran 6 m x 6 m, sedangkan fondasinya berbentuk segi delapan, tinggi candi 8 m. Dibandingkan dengan candi-candi lainnya, Candi Bima termasuk paling utuh. Gaya bangunannya khusus. Atapnya dipenuhi hiasan dan terdiri dari tiga tingkatan yang batas-batasnya tidak jelas. Bentuk seluruhnya seperti Sikhara (seperti mangkuk yang ditangkupkan) di India Utara, hanya hiasan-hiasan menara dan relung-relung yang berbentuk tapal kuda menunjukkan pengaruh India Selatan.

Dahulu Candi Bima mempunyai 24 arca kudu, yaitu arca yang berbentuk kepala manusia yang seolah-olah melongok keluar dari bilik jendela yang masing-masing beratnya sekitar 15 kilogram, tinggi 24 cm, lebar 20 cm dan tebal 27 cm. Namun, karena seringnya terjadi pencurian di komplek Candi Dieng, terutama Candi Bima, maka saat ini arca yang terdapat di Candi Bima hanya sekitar 13 buah saja.

JAMUR DIENG

Pada awalnya jamur dieng hanya dijual dalam bentuk mentah. Yang kualitas bagus dikalengkan untuk diekspor dan yang berkualitas nomor dua dilempar ke pasar lokal untuk membuat berbagai macam sayur. Dalam perkembangannya jamur dieng kemudian dibuat makanan ringan berupa keripik. Ternyata kemudian keripik jamur dieng menjadi makanan favorit yang luar biasa laku karena sangat lezat. Kelezatan keripik jamur dieng hanya bisa ditandingi jika rasa keripik paru dan keripik belut digabungkan.


Selasa, 11 Januari 2011

CARICA

Merupakan oleh-oleh yang sangat khas dari kota Wonosobo. Berupa manisan yang dikemas dalam berbagai bentuk. Rasanya sangat enak. Dari semua jenis manisan yang ada, carica merupakan yang paling enak. Carica sendiri merupakan buah sejenis pepaya dengan ukuran yang lebih kecil. Kira-kira sebesar kepalan tangan orang dewasa..
Add caption