Kamis, 16 Februari 2012

6 Fakta Tentang Bang Haji Rhoma Irama ...

Kalau menilai dari segala sudut pandang saya rasa tidak ada penyanyi di Indonesia yang bisa merebut tahta Bang Haji dari julukan Raja Musik Indonesia.



Fakta-fakta tentang Rhoma Irama :
1. Siapa penyanyi yang tidak perlu bantuan rombongan artis lain untuk menjaga ketenarannya.
Koes Ploes perlu rombongan beberapa penyanyi plus Erwin Gutawa untuk mengemas ulang lagunya agar tetap lestari.
Iwan Fals perlu menyanyikan lagu-lagu ciptaan orang lain untuk membuat album.
Rhoma Irama tidak pernah mendapat perlakuan istimewa seperti mereka berdua, tetapi lagu-lagu dan namanya tetap eksis. Malah banyak penyanyi yang terus menyanyikan lagu-lagu ciptaannya dengan berbagai macam aransemen.
2.  Siapa pesohor yang tidak mempan digoyang isu-isu miring.
Popularitas A.A. Gym langsung terjun bebas begitu beristri dua. Perusahaan milik Sapto Wardoyo-pun limbung karena masalah poligami. Demikian juga dengan beberapa artis lain yang hilang dari peredaran saat diterpa berbagai masalah seperti perselingkuhan, perceraian, perkawinan, dan lain-lain.
Hanya Rhoma Irama, mau kawin berapa kali, mau cerai berapa kali, mau dituduh berzina, tetap saja populer dan laku dijual.
3. Siapa artis yang punya penggemar warga negara asing dan musiknya benar-benar dimainkan oleh orang asing di nagara asing?
Dewa, Agnes Monika, Inul Daratista saat konser diluar negeri ternyata kebanyakan hanya ditonton oleh WNI yang bermukim di negara tersebut. Dalam istilah lain, konser mereka di luar negeri ternyata karena ditanggap oleh orang-orang Indonesia yang berada di negara itu.
Lain halnya dengan Rhoma Irama. Konser Rhoma Irama di luar negeri ternyata memang diminta oleh para penggemarnya yang terdiri dari orang asing. Mereka bahkan memiliki klub-klub dangdut yang menyanyikan lagu-lagu Rhoma Irama dengan fasih. Termasuk jogednya yang sangat khas.
Ini petikan berita tentang konsernya di Pittsburgh ” This song I wrote in 1975. The song is called ‘All Night Long’ or ‘Begadang’!”, demikian Bang Haji membuka konser. Belum sampai refrain lagu ini dinyanyikan, tiba-tiba sejumlah penonton yang kebanyakan adalah mahasiswa jurusan Musik di Pittsburgh University langsung maju ke depan panggung dan berjoget. Tidak lama berselang, maju pula seluruh penonton dari berbagai warna kulit untuk ikut berjoget”.  Dan yang cukup membanggakan, yang mempromosikan dangdut di sana bukanlah orang sembarangan. Dia adalah seorang profesor bernama Andrew Weintraub.
4. Hampir semua pesohor yang menjadi anggota parpol akan langsung turun popularitasnya. Nama Bang Haji tetap bersinar kendati pernah menjadi politisi di Senayan.
5. Tidak ada penyanyi lain yang bisa main film sesukses Bang Haji. Hampir semua filmnya menjadi block buster. Momen paling menyenangkan di hari lebaran era 70-80 di Indonesia  adalah menunggu film Rhoma Irama diputer di bioskop.
6. Siapa penyanyi yang bisa membuat lagu dengan lirik terdiri dari segala macam tema tetapi tetap bisa menjadi hits dan best seller?
Pernah dengar Dewa, Koes Ploes, Iwan Fals, Agnes Monika, Kris Dayanti, dan lain-lain bikin lagu yang bernafas agama, politik, sosial dan olahraga kemudian laku keras di pasaran? Sepertinya sangat jarang.
Dan memang hanya Rhoma Irama yang mampu melakukannya. Lagu seperti Ghibah, Hari Kiamat, Lari Pagi, Pemilu, Indonesia, dan masih banyak lagi lagu-lagu lainnya semuanya menjadi hits di eranya masing-masing dan masih tetap menjadi lagu-lagu populer sampai sekarang.
Untuk keenam alasan diatas, saya menilai bahwa Bang Haji bukan hanya layak menyandang gelar Raja Dangdut, tetapi berhak juga mendapat julukan Raja Musik Indonesia.
Apakah Anda mau menambahkan atau malahan punya kriteria lain?

10 komentar:

Romance Dawn mengatakan...

judulnya 5 Fakta
tapi jadinya 6
keasikan ya mas ngetiknya
ahahaha

WK-Wonosobo mengatakan...

Ha .. ha .. haa ... Baru tak tambahi karena baru inget setelah ngopi dari fordis.
Baru inget kalo Bang Haji pernah jadi anggota parpol dari PPP sm Golkar ... (Kalo ga salah)
Tak ubah wis ...

Anonim mengatakan...

It's hard to find educated people about this topic, however, you seem like you know what you're talking about!
Thanks

Feel free to visit my web-site - cigarettes

Anonim mengatakan...

I have read so many articles about the blogger lovers but this paragraph is actually a nice post, keep it up.


my homepage - cheap e-liquid nicotine

Anonim mengatakan...

Usually I do not read article on blogs, but I would like to say
that this write-up very compelled me to check out and do it!
Your writing style has been amazed me. Thanks, very
great post.

Feel free to surf to my website - e-væske

Anonim mengatakan...

Hello there, just became alert to your blog through Google, and found that it is truly informative.
I'm going to watch out for brussels. I'll be grateful if you
continue this in future. A lot of people will be benefited from your writing.
Cheers!

My web site nikotin

Anonim mengatakan...

nambahi juragan.
Rhoma irama tidak hanya menyannyikan syair, tapi melaksanakan isi dari syair itu.
lagu yatim piatu, dia juga menyantuni anak2 yatim. lagu sedekah, dia juga melakukan sedekah.lagu keramat, dia juga sangat menghormati dan menyayangi ibunya.juga gerakan tubuh selalu di sesuaikan dengan lagu apa yang dia nyanyikan. berbeda dengan penyanyi lain ( tdk smuanya ) menyanyikan lagu taqwa, keramat dll membawakannya sambil joget. lagu nasehat koq ( menasehatinya ) sambil joget , yang di nasehatinya juga paling bilang WONG EDAN !!!! sambil menendang pantatnya.

Unknown mengatakan...

Rhoma dan soneta bukanlah musisi paling hebat se Indonesia.
Tapi sedunia.

Kalau ada yang tidak setuju silahkan anda cari musisi yang memiliki 400lagu yang bagus.

Bila memang benar ada maka dapat dua predikat sekaligus.

1.Mengalahkan soneta beserta Rhoma irama, dan.
2.Anda akan menjadi musisi paling hebat sedunia.

Unknown mengatakan...

Beliau juga gitaris handal, jemarinya lincah dan ganas memainkan melodi..

Unknown mengatakan...

Beliau juga gitaris handal, jemarinya lincah dan ganas memainkan melodi..