Selasa, 11 Januari 2011

TEMPE KEMUL

Adalah makanan khas dan hampir menjadi kebutuhan pokok sehari-hari masyarakat Wonosobo. Tempe kemul enak dinikmati dalam keadaan panas dilengkapi cabe rawit (dalam istilah Wonosobo sambil nyeplus lombok cengis). Berbeda dengan jenis tempe tepung lain, ramuan tempe kemul tetap bisa keras walaupun ditaruh berjam-jam di udara dingin kota Wonosobo (yang oleh pedagang gorengan di kota-kota lain dicurangi dengan cara memasukkan plastik pada minyak panas yang digunakan untuk menggoreng. Cara ini tentu saja membahayakan kesehatan konsumennya).








RESEP TEMPE KEMUL ALA RUMAH MAKAN "TENDA BIRU"

Cara membuat:
Bahan:
Tempe, Tepung Terigu, Tepung Sagu, Tepung Beras, Kucai.
Bumbu:
Bawang Putih, Kemiri, Ketumbar, Garam, Kunir/Kunyit, Kencur.
Cara membuat:
Iris tempe tipis-tipis. Kalo tempe yang jenis tunggal tidak perlu diiris. Haluskan bumbu, iris kucai ukuran 1/2 cm. Aduk semua tepung dengan perbandingan sama dicampur dengan bumbu dan irisan kucai dan air sampai cukup encer. 
Irisan tempe dibalut dengan tepung dan digoreng diminyak yang sudah panas sekali. Setelah minyak panas gunakan api sedang.
Selamat menikmati.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

sy org wonosobo dan sdh hampir 6thn tinggal di banyumas.tiap pengen bikin lauk/camilan mendoan...hasilnya selalu sj jadi tempe kemul..rupanya resep tempe kemul sdh ngoyot di otak saya..alhasil klo bikin mendoanpun hasilnya sll renyah..gak bisa lemer2.hehehe..hidup tempe kemul!!!

Blogger Wonosobo mengatakan...

wah kangen karo tempe kemul beneran ..sambil menikmati udara segar di alun-alun kota..

Anonim mengatakan...

Klo saya, orang wnsobo, skrg tinggal disemarang,malah selalu gagal bikin tempe kemul yg kress,,dan akhirnya nyari resep di mbah google,nyampe d di grup ini,,mtrnuwun resepnya.