Kamis, 14 April 2011

BERONDONG

Sebenarnya saya sangat tersungging eh tersinggung saat nama salah satu jajanan favorit saya ini dipinjam oleh tante-tante girang sehingga berkonotasi negatif. Tapi yang jelas di sini tidak ada mesum-mesuman, tidak ada SARA-SARA'an.
Berondong adalah makanan kecil yang terbuat dari jagung atau beras. Kalo wong Enggres nyebutnya pop corn. Rasanya gurih dan manis. Warnanya macam-macam tergantung warna gula/pemanis saat pembuatannya. Makan berondong seakan-akan seperti makan angin saja rasanya. Satu orang bisa menghabiskan satu bakul.
Seperti arum manis dan gulali, teknik pembuatan berondong juga merupakan hiburan buat anak-anak jaman dulu. Mereka suka menunggu saat berondong matang. Ini ditandai dengan suara ledakan yang keras dan berentetan (mungkin dari sinilah muncul salah satu istilah dalam perang, yaitu istilah "DIBERONDONG").
Saat terjadi ledakan ini biasanya ada beberapa butir berondong yang tercecer keluar dari tempatnya. Saat inilah yang sangat ditunggu oleh anak-anak. Mereka segera rebutan memungut dan memakannya. Lagi-lagi wisata gartis ...

Tidak ada komentar: