Kamis, 05 Mei 2011

Dengerin Intonasi Bu Guru

Waktu kelas 3 dan kelas 4 SD saya punya seorang Ibu Guru yang sangat saya sayangi. Beliau orangnya sangat penyabar dalam mengajari anak didiknya.
Dulu saya termasuk anak yang pandai di kelas. Saya bahkan meraih peringkat paling timggi di kelas.

Sebenarnya saat itu saya tidak sepenuhnya belajar dan mengerti jawaban setiap materi ujian yang diberikan oleh beliau. Tetapi karena saya termasuk tipe anak yang suka memperhatikan hal-hal yang detail, maka saya sangat mengenal tipe dan gaya ibu guru dalam membaca soal ujian.
Dulu kalo ujian diberikan tidak dengan membagikan soal tetapi dengan membacakannya di depan kelas. Biasanya soal yang diberikan jenisnya adalah pilihan ganda. Melalui pengamatan saya paham sekali intonasi beliau saat membacakan soal dan jawabannya.
Cara beliau membacakan jawaban soal sangat khas. Pada saat membacakan jawaban yang benar, intonasinya berbeda dengan jawaban lainnya. Bacanya agak ditekan dan dipanjangkan. Jadi setiap ulangan pilihan ganda, saya tidak pernah dan tidak perlu berpikir mencari jawaban yang benar. Cukup memperhatikan intonasi bu guru saja. Dan hasilnya selalu dapat nilai 100 ...

Tidak ada komentar: