Rabu, 04 Mei 2011

9 x 9 = 81

Waktu kelas 1 sampai dengan kelas 2 SD, sebelum pulang guru kami biasa memberikan soal matematika berupa perkalian. Siapa yang bisa menjawab dengan cepat dan benar, dia boleh pulang duluan. Berbagai cara dilakukan oleh anak-anak agar bisa menjawab dan bisa cepat pulang. Kebanyakan dari mereka mengatasinya dengan membeli pensil atau buku yang ada daftar perkalian dan hasilnya.

Saya sendiri punya kiat yang sampai naik ke kelas 3 belum pernah bocor dan belum ada yang menirunya. Kiat saya cukup sederhana tapi sangat jitu. Karena soal perkalian yang diberikan guru hanya berkisar dari angka 1 sampai 9, maka saya akal-akalan cuma menghapal satu perkalian tersulit dan hasil jawabannya, yaitu perkalian 9 x 9 = 81.
Jadi setiap guru mulai mengajukan pertanyaan, saya tinggal nunggu pertanyaan ini keluar. Berdasarkan pengalaman sebelumnya, pertanyaan ini selalu keluar antara pertanyaan ke-1 sampai dengan pertanyaan ke-5.
Jadi waktu Bu guru mengajukan pertanyaan 9 x 9 hasilnya berapa, sementara teman-teman yang lain masih sibuk ngitung atau nyari jawaban di daftar jawaban di buku atau di pensil, saya tinggal mangacungkan jari sambil lantang berteriak " 81 Bu Guru ... !!!".
Dan pulanglah aku ...

Tidak ada komentar: