Senin, 13 Juni 2011

Salah Kostum

Suatu hari saya dititipi istri untuk membelikan wajan teflon di Pasar Baru. Lokasinya dekat dengan tempat saya bekerja. Siangnya pada jam istirahat sambil makan siang saya menuju Pasar Baru. Hari itu hari Senin. Pada hari Senin kantor kami mewajibkan karyawannya berpakaian hitam putih.
Masuk toko saya langsung menuju ke bagian wajan teflon. Saya memilih-milih ukuran yang sesuai dengan pesanan istriku. Waktu itu aku baru sadar ternyata pakaian seragam semua karyawan pada hari itu adalah hitam putih. Sama dengan pakaianku waktu itu.  Wah ... Gawat nich ... Nampaknya insiden tinggal menunggu waktu saja ...
Aku segera mempercepat memilih barang yang kucari. Tapi yang kucemaskan segera terjadi. Dari belakangku seorang ibu-ibu berkata begini:
"Mas, wajan teflon yang ukuran 24 cm mana ya ?"
Wah terlanjur dalam hatiku. Daripada ibu itu malu aku ambilin saja barang yang dia cari.
"Harganya berapa ?"
"124 ribu." jawabku (ada label harganya kok ya masih nanya).
Ibu itu pergi membawa wajan itu ke kasir dan membayarnya.
Baru saja aku mau pergi, eehh ... Ada ibu-ibu nanya wajan teflon lagi. Kepalang tanggung dah. Aku layanin sekalian ibu yang kedua. Aku ambilin wajan teflon pilihan dia. Setelah dia pergi aku buru-buru menuju kasir dan membayar barang yang kubeli. Aku takut ada ibu-ibu berikutnya yang meminta pelayananku lagi.
Aku tidak tahu apa waktu itu ada pelayan toko asli yang lihat kelakuanku.
Kalo lihat perasaan mereka gimana ya ? Kagum apa ngejek ...

Tidak ada komentar: