Senin, 11 Juli 2011

Aqua ...

Walaupun pendiri dan asal muasal produk air mineral kemasan adalah dari Wonosobo, tetapi kami sendiri masyarakat Wonosobo masih awam dengan produk yang satu ini.
Bagaimana tidak ? Kami yang nota bene tinggal di daerah pegunungan tentu saja heran ada air putih kok dijual waktu itu perliter Rp. 500,- untuk kemasan 1 liter. Padahal harga bensin saat itu masih Rp. 380,-/liter.
Orang Wonosobo yang dalam sehari-harinya selalu berhadapan dengan air sejernih air kemasan  menduga bahwa produk ini tidak akan pernah laku. Tentu saja kami tidak tertarik dan tidak pernah menkonsumsi produk ini. Memang kenyataannnya di Wonosobo air di parit saja bisa sejernih air mineral.
Suatu hari ada salah seorang tetangga kami  bercerita (tepatnya mengarang) bahwa dia pernah membeli Aqua. Kata dia rasanya asin-asin manis. Mau tidak mau kami percaya saja sama dia. Lha wong dia itu satu-satu sumber yang mengaku pernah minum Aqua.Walaupun dia sudah cukup dikenal sebagai tukang ngarang.
Tapi sekarang kami sudah tahu seperti apa rasanya Aqua lho. Tapi kebanyakan dari masyarakat sana juga masih penasaran. Seperti apa sih rasanya french fries sama carica ...


Sejarah pendiri PT. Aqua Golden Missisipi
Nama pendirinya adalah Tirto Utomo. Saya juga heran kenapa namanya pas banget sama rejeki dia (Trito = Air Utomo = Baik/Unggul). Dilahirkan di Wonosobo, Jawa Tengah tanggal 8 Maret 1930. Karena di Wonosobo tidak ada SMP maka Tirto Utomo harus bersekolah di Magelang yang berjarak sekitar 60 kilometer dari kota kelahirannya itu. Waktu itu kehidupannya sudah cukup mapan karena orang tuanya adalahpengusaha susu sapi dan pedagang ternak. Beliau meninggal pada tanggal 16 Maret 1994 dan dimakamkan di pemakaman warga Tionghoa di dekat Hotel Kresna, Wonosobo.

Sejarah Berdirinya PT. Aqua Golden Missisipi
PT Aqua Golden Mississippi didirikan pada tahun 1973 di Indonesia. Ide mendirikan perusahaan AMDK timbul ketika dia bekerja sebagai pegawai pertamina di awal tahun 1970-an. Ketika itu dia bertugas menjamu delegasi sebuah perusahaan Amerika Serikat. Namun jamuan itu terganggu ketika istri ketua delegasi mengalami diare yang disebabkan karena mengkonsumsi air yang tidak bersih. Tirto kemudian mengetahui bahwa tamu-tamunya yang berasal dari negara Barat tidak terbiasa meminum air minum yang direbus. Sehari-harinya mereka terbiasa minumi air yang telah disterilkan. Dari situlah dia mendapat ide mendirikan perusahaan yang memproduksi AMDK merk "AQUA".

Tidak ada komentar: