Minggu, 17 Juli 2011

Baca Puisi ...

Jaman saya masih SD, kota tempat saya tinggal masih termasuk kuno banget peradabannya. Ndeso banget istilah kerennya. Jadi kalo melakukan apa-apa, akan kelihatan keluguannya. Kaku tanpa ekspresi.
Salah satu contohnya adalah kejadian waktu saya masih SD. Kalo kami disuruh maju ke depan kelas untuk bernyanyi atau membaca puisi, kami akan melakukannya tanpa gaya atau ekspresi sama sekali. Pokoknya nyanyi atau baca puisinya mirip upacara. Gayanya adalah sikap sempurna. Kaku !! Itu kami lakukan karena sebagai orang desa, sifat kami masih lugu banget. Kami malu kalo waktu nyanyi atau baca puisi harus pakai gaya segala.

Suatu saat ada anak cewek pindahan dari Jakarta. Sebagai wong ndeso yang lugu, kami yang laki-laki grogi dan malu kalo menghadapi dia. Sebisa mungkin menghindar. Kejadian paling keren adalah pas pelajaran baca puisi berlangsung. Waktu dia disuruh maju, ternyata dia baca puisinya pakai gaya, ekspresi dan intonasi suara. Pokoknya seperti itulah. Kami yang belum terbiasa melihat anak-anak baca puisi seperti itu tentu saja langsung merasa aneh dan malu sendiri. Entah kenapa kami merasa malu banget melihat itu. Terutama yang anak laki-laki. Sebagian besar anak laki-laki langsung sembunyi di bawah meja saking malunya.
Saya sama Tumpuk, teman sebangku saya bahkan langsung sembunyi di bawah meja dan menutup telinga kami sampai dia selesai baca puisi. Muka kami berdua merah padam dan saling memandang dengan ekspresi malu banget.
Kejadian seperti ini terus berulang kalo dia maju untuk menyanyi dan baca puisi (kalo nyanyi dia juga pake joget-joget segala. Bikin kami rikuh ...)
Huh ... Dasar anak Jakarte ...

Tidak ada komentar: