Selasa, 19 Juli 2011

Blawu Tjap Kalong ...


Blawu adalah semacam obat yang digunakan sebagai pemutih pakaian (Apa pembiru pakaian ya?). Yang paling ngetop adalah Blawu Tjap Kalong. Tapi waktu saya kecil, blawu ini justru lebih terkenal sebagai obat gondongan (radang kelenjar ludah). Saya pikir dulu penyakit gondongan itu disebabkan oleh kebiasaan meniup plembungan/balon. Dan ciri-ciri penyakit gondongan ini adalah rahang dan pipi penderita akan bengkak dan berwarna biru. Ternyata warna biru ini berasal dari warna blawu yang dioles-oleskan ke pipinya.


Selain dengan blawu, pada jaman itu ada cara tradisional lain. Yaitu dengan menotol-notolkan nasi ke pipi atau mengemut nasi. Nasi bekas ditotol-totolkan pipi atau diemut tadi kemudian dikasihkan anjing. Dengan begitu diharapkan penyakit gondongen akan pindah ke anjing. Makanya sampai sekarang anjing suka menggondong kan ? Eh ... Menggonggong ding ...
Mengenai fungsi blawu sebagai obat gondongan, ada dua pendapat dari dunia medis.
Yaitu:
1. Sebagai pencuci pakaian,blawu memiliki sifat basa. Sedangkan pembengkakan tubuh/sel tubuh kita sangat dipengaruhi oleh terlalu tingginya keasaman tubuh dan darah kita. Asam (darah) bisa dilawan/dinetralisir dengan sifat basa. Selain blawu, bisa juga digunakan garam. 
2. Seperti penyakit virus lainnya, gondongan juga bisa sembuh sendiri (self limited disease) apabila daya tahan tubuh penderita cukup baik. Hal inilah yang menyebabkan masyarakat percaya bahwa dengan mengolesi blawu penyakit ini akan sembuh, padahal kenyataannya penyakit ini sembuh sendiri.

Namun begitu, sebaiknya gondongan tetap harus diobati dengan anti virus guna menghindari komplikasi yang mungkin timbul di kemudian hari, disamping istirahat total (untuk menghindari penyebaran virus ke organ tubuh lain) dan pemberian makanan tinggi kalori dan protein (untuk meningkatkan daya tahan tubuh). 

Yang manakah pendapat yang Anda pilih? Silahkan pilih ...

3 komentar:

Anonim mengatakan...

jadi inget superbusa..

Anonim mengatakan...

Masih kalah jadoel sama sabun cuci tjap tangan atau palem ...

WK-Wonosobo mengatakan...

Ada juga versi kuno Rinso. Namanya DINO. Kemasannya warna biru ...