Rabu, 27 Juli 2011

James Bond 007 ...


Ini kejadian waktu saya masih SD. Hari itu adalah hari lebaran. Saya bersama rombongan (Kuat, Ondhot, Orip, Sarno dan Siwal) lagi main ke saudara kami yang ada di Purworejo ( Main ke  kota lah ceritanya ...).
Dengan tingkah laku penuh tata krama dan keanggunan ala John Robert Power khas anak kampung, kami jalan-jalan keliling kota. Apa-apa ditunjuk-tunjuk.
Kami keliling kota Purworejo dengan berjalan kaki. Beberapa kali tersesat. Tentu saja kami biasa-biasa saja melakukannya. Orang kami sudah terbiasa jalan jauh kalo lagi main ke hutan.
Sembarang jajanan yang ada di pinggir jalan kami beli. Maklum ini kan lebaran. Jadi kami lagi banyak duit.
Pas lewat depan bioskop Bagelen Theatre kami tertarik untuk nonton film. Apalagi setelah lihat posternya. Kelihatan yang lagi  diputer adalah film yang rame nich, pikir kami. Padahal kami juga ga tahu, yang kami lihat itu poster film untuk hari apa. Yang penting nonton.
Seteleh membeli tiket kami langsung masuk. Ternyata filmnya sesuai harapani. Rame banget. Action kejar-kejaran dan tembak-tembakan hampir sepanjang film. Benar-benar film berkelas pikir kami.
Setelah film bubar kami pulang menuju rumah saudara kami. Sepanjang perjalanan pulang jangan ditanya betapa ributnya kami membicarakan tokoh-tokoh dan adegan-adegan yang ada di film tadi. Tentu saja dengan lagak-lagaknya kalo lagi menembak atau tertembak. Seru ... !!!
Dalam perjalanan pulang itu juga kami ingat bahwa kami tidak tahu film tadi judulnya apa. Takut kalo ditanya  sama teman-teman di kampung ga bisa jawab. Karena pada jaman itu yang terkenal suka tembak-tembakan adalah James Bond, maka kami sepakat menyebut judul film-nya adalah James Bond (Saya tidak ingat siapa yang memulainya. Tetapi melihat riwayat pengalaman sepertinya aku yang memutuskan bahwa itu adalah film James Bond ...).
Makanya sesampainya di kampung dengan penuh keyakinan kami cerita-cerita bahwa di Purworejo kami nonton film James Bond.
Delapan tahun berlalu sejak peristiwa itu, tepatnya pas kelas 2 SMA aku baru bisa memecahkan misteri tentang judul film ini.
Waktu itu aku sedang liburan habis ujian di rumah. Dan pada sekitar jam 10 pagi banyak orang nonton tivi di rumahku. Rupanya mereka sedang menunggu pemutaran film India di TPI. Sebenarnya aku tidak suka film India. Tapi karena memang adanya cuma acara itu ya akhirnya aku ikutan nonton.
Makin lama aku tonton kok rasanya aku semakin familier sama film ini. Ada adegan tembak-tembakan di bus tingkat. Lakonnya ngejar bus tingkatnya pake kuda. Dan lain-lain.
Dan akhirnya ingatanku kembali sepenuhnya. Memoriku segar kembali.
Film ini adalah film yang kutonton bareng teman-teman di Bagelen Theatre delapan tahun yang lalu.
Rupanya keyakinan kami selama delapan tahun salah.
Film yang kami yakini berjudul James Bond adalah sebuah  film India yang bintang utamanya adalah Amitabh Bachchan ...

2 komentar:

Mendoan mengatakan...

huahaha...

WK-Wonosobo mengatakan...

Tunggu ya. Masih banyak cerita lucu seputar gedung bioskop ...