Rabu, 03 Agustus 2011

Bosan Hidup ? Berpuasalah ...


Sebagai seorang awam, sampai saat ini saya masih belum mendapat anugerah sebagai seseorang yang bisa menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dengan penuh suka cita. Malahan sering menghadapinya dengan nada-nada kekhawatiran. Yang takut lemes lah, yang takut laparlah atau takut datangnya penyakit langganan saya, yaitu sariawan. Penyakit ini akan terrasa menyiksa jika datang pas bulan puasa. Perih sekali.

Tetpi tentunya saya tidak pernah berhenti berharap agar suatu saat saya mampu menjadi golongan orang-orang yang menyambut datangnya bulan Ramadhan dengan gembira
Walaupun begitu, saya tetap tidak berhenti berharap dan berusaha mencari hikmah bulan Ramadhan sesuai dengan kemampuan dan kapasitas saya yang awam ini. Bagi saya, banyak hal positif yang saya dapat setiap bulan suci ini datang. Saya hanya akan akan menyampaikan dua hal buat rekan-rekan semua.
Yang pertama adalah menghilangkan rasa jenuh yang sudah menumpuk selama berbulan-bulan
Kadang-kadang dalam hidup ini hati kita dilanda kebosanan. Sepertinya tidak ada yang bisa dilakukan atau ditunggu lagi. Tetapi dengan berpuasa, sepertinya hidup saya kembali memiliki target. Ada sesuatu yang setidak-tidaknya bisa ditunggu setiap hari. Yaitu datangnya waktu berbuka puasa. Jadi selama bulan puasa saya tidak pernah merasa jenuh karena setiap hari saya memiliki sesuatu yang menyenangkan yang akan saya peroleh.
Yang kedua adalah kembali merasakan fungsi dan nikmatnya karunia Allah yang namanya lidah
Tidak jarang kita merasa bosan dengan segala macam makanan yang ada. Terasa lapar tetapi tidak ada makanan yang menggugah selera. Sepertinya semua terasa sudah membosankan. Nah … Dengan berpuasa inilah saya merasa bahwa nikmat Allah yang namanya makanan itu adalah sesuatu yang luar biasa. Dan alangkah seringnya kita lupa untuk mensyukurinya. Setiap hari selama bulan puasa, semua makanan kembali terlihat enak. Es buah, es kelapa muda, kolak, rendang, roti terang, dan lain-lain bulan benar-benar terasa menggoda.  Bahkan kadang-kadang air putih atau sekedar tempe gorengpun mampu menerbitkan selera. Semua terasa nikmat pada waktu berbuka puasa. Seperti makanan yang baru saya kenal lagi. Rasanya lidah saya seperti terlahir kembali.
Semoga di bulan suci kali ini rekan-rekan bisa mendapat hikmah yang lebih besar dari yang saya peroleh selama ini.
Wallahu ‘Alam Bishawab
Selamat menjalankan ibadah puasa …

Tidak ada komentar: