Minggu, 04 September 2011

Selebritis Jaman Dulu ...

Setiap lebaran di kampungku biasanya dibarengi dengan adanya acara seperti pasar malam, balapan jaran (pacuan kuda), ketoprak, ludruk, dan lain-lain. Setiap ada perhelatan acara-acara semacam ini pasti segera muncul selebritis atau tokoh idola di kalangan anak-anak.

Biasanya pada acara seperti itu mereka-mereka yang diidolakan anak-anak adalah penjaga karcis, tukang dorong dremolem (kuda putar), pengendara motor tong setan (motor gila) dan lain-lain. Anak-anak sangat memuja mereka karena berbagai alasan.
Kalo yang penjaga karcis biasanya karena mereka memiliki kekuasaan untuk memasukkan atau menolak seseorang untuk masuk ke arena permainan. Kalo tukang dorong kuda putar biasanya karena mereka punya kemampuan untuk menambah putaran atau menghentikan putaran permainan. Kalo pengendara motor karena mereka punya keahlian naik motor di dinding-dinding arena tanpa takut jatuh, dan lain-lain.
Saya sendiri sangat mengidolakan penjual bolang-baling dan donat. Karena mereka punya kekuasaan untuk memberi bolang-baling atau menerima tukaran 10 ekor gangsir (jangkrik besar) yang saya bawa dengan sebuah bolang-baling ...

Tidak ada komentar: