Kamis, 10 November 2011

18 ...

Saya tidak tahu angka 18 ini punya arti khusus atau hanya kebetulan belaka.
Tapi mending aku tulis saja di sini, siapa tahu ada gunanya.
Hari Minggu kemarin aku sama istri dan anak berbelanja ke Lotte Mart Bekasi. Kami hanya berbelanja sedikit barang saja. Utamanya kursi beroda untuk komputer dan Lock 'n Lock untuk tempat aku bawa sarapan ke kantor. Tapi rupanya hari itu di Lotte Mart harga mangga lagi murah-murahnya. Sekilo hanya 4.950. Mana ukuran dan warnanya mengundang selera lagi. Aku putuskan beli 3 kilo.
Selesai pilih mangga kami mengantri di kasir. Barang di hitung oleh kasir dan ternyata ada kesalahan. Kode mangga keliru ditimbang dengan kode melon yang harganya lebih mahal. Yang harusnya mangga 3 kilo cuma 15 ribu jadi 18 ribu. Itu karena harga melon sekilonya 6 ribu. Kami cukup senang dan menghargai kejelian kasir.
Sampai dirumah iseng-iseng istri meneliti faktur penjualan. Lha kok ternyata terjadi kesalahan. Harga melon yang 18 ribu belum dihapus dari daftar pembelian. Jadinya bukannya aku dapat harga lebih murah tapi malahan harus membayar harga melon yang tidak aku beli.
Rasanya dongkol juga aku sama istriku. Sudah merasa berterima kasih dikoreksi malah yang terjadi kesalahan yang lebih besar. Aku catat nomor telepon pengaduannya Lotte Mart. Besok aku akan marahi mereka mereka. Ga mungkin kan aku balik lagi hanya untuk mengambil uang 18 ribu.
Tapi setelah beberapa lama aku omong-omongan sana istriku lagi.
Aku: "Dik, kalo kita mengadu nanti yang disalahin kasirnya ya ?".
Istri: "Ya pasti lah. Paling-paling ditegor atau kalo ada kerugian nanti dia dipotong gaji untk mengganti ...".
"
Aku: "Kalo gitu ga usah komplain ya. Kasihan dia ..."
Istri: "Ya lah. Ga usah. Nanti malah dia kenapa-kenapa kasihan keluarganya ...".
Akhirnya kami putuskan untuk tidak menelpon pihak Lotte Mart.
Besoknya seperti biasa aku berangkat ke kantor. Aku bawa mangga ke kantor untuk dimakan bareng teman.
Ternyata siangnya aku ada keperluan mendadak bersama teman-teman. Setelah urusan selesai kami makan siang di warung makan bebek goreng "Azis".
Dan hari itu makan siangku dibayari oleh sahabatku Asep.
Harganya 18 ribu ... 

Tidak ada komentar: