Kamis, 30 Juni 2011

Horse Power


Italia terkenal dengan Ferrari-nya. Mobil sport ini memiliki mesin berkekuatan sekitar 500 tenaga kuda. Sayangnya kebanyakan mobil Ferrari hanya muat untuk 2 orang penumpang. Harganya sangat mahal. Boros bahan bakar.
Wonosobo juga tidak mau kalah. Kota dingin ini memproduksi beberapa macam kendaraan. Di antaranya adalah Dokar.
Kendaraan ini dilengkapi tenaga penggerak yang berkekuatan hanya  satu tenaga kuda. Tetapi kapasitasnya jauh lebih besar dari Ferrari. Dokar mampu mengangkut 8 orang penumpang sekaligus. Bahan bakarnya pun irit dan ramah lingkungan. Hanya rumput dan dedek. Kelebihan lain dari kendaraan jenis ini adalah bisa berkembang biak dan bertambah banyak.
Perbedaan utama di antara dua kendaraan ini adalah pada jenis polusinya. Polusi yang berasal dari Ferrari berbentuk uap/gas sedangkan polutan Dokar berbentuk padat.
Kendaraan lain produksi Wonosobo yang menggunakan satu tenaga kuda adalah jaran kepang/kuda lumping. Tetapi kendaraan ini kurang populer untuk bepergian. Karena pada saat diujicoba menempuh jarak 10 kilometer, para penumpang mengeluh malah merasa tambah kelelahan. Beberapa di antara mereka malah ada yang kesurupan. Oleh karena itu saat ini jaran kepang hanya dimanfaatkan untuk kepentingan kesenian saja.

Tidak ada komentar: