Sabtu, 09 Juli 2011

Acara Bodoh: On The Spot Trans 7


Sejak kecil saya termasuk orang yang sangat menyukai acara televisi yang berisi tentang ilmu pengetahuan, realita kehidupan, alam, pengetahuan umum, dan lain-lain. Intinya adalah acara yang bersifat dokumenter. Kalaupun fiksi ya fiksi yang bersifat ilmiah (science fiction).
Oleh karena itu saya menyambut antusias munculnya acara On The Spot di Trans 7. Buat saya acara ini bisa menjadi semacam obat rindu sejak acara-acara produksi National Geographic, Discovery dan BBC makin jarang ditayangkan. Mungkin tinggal ANTV yang masih menayangkannya.
Untuk satu episode acara semacam Flora & Fauna-nya TVRI saja, saya bisa menonton sebanyak  lebih dari sepuluh kali. Karena begitu intensnya saya mengikuti acara-acara semacam itu makanya saya sampai hafal seluk beluk kehidupan binatang.
Berbekal dari pengetahuan itulah saya bisa menilai bahwa materi program acara On The Spot  makin lama makin ngawur. Saya tidak menyangka jika sebuah stasiun televisi berkelas nasional seperti Trans 7 membuat sebuah program acara tanpa ada seorang pengawas yang cukup ahli mengenai materi yang disajikan.
Melalui Kompasiana ini saya memberikan saran kepada pihak yang membuat program acara On The Spot Trans 7 agar lebih selektif dan melibatkan pihak yang lebih berkompeten agar materi yang disajikan lebih sesuai dengan kondisi di lapangan maupun dengan ilmu pengetahuan.


Contoh kasus:
Sebagai contoh adalah yang menayangkan 7 hewan pencuri versi On The Spot:
1. Kera
2. Camar Laut
3. Heyna
4. Scorpion Fly
5. Serigala Abu-Abu
6. Gurita
7. Tupai.


Dari 7 itu yang di alam punya sifat pencuri hanyalah Heyna. Di mana dia biasa mencuri makanan dari cheetah, macan tutul, anjing liar dan singa betina (karena Heyna tidak berani menghadapi singa jantan). Itupun pembahasannya ngawur dan tidak nyambung.
Yang paling parah adalah saat memasukkan gurita sebagai hewan pencuri.
Naratornya mengatakan bahwa gurita biasa mencuri ikan, kepiting, udang dan lain-lain.
Mencuri dari siapa? Lha wong di layar terlihat bahwa dia menangkap sendiri mangsanya gitu kok.
Mencuri dari alam?
Pokoknya ngawur dah …



Sumber:


http://hiburan.kompasiana.com/televisi/2011/07/01/acara-bodoh-on-the-spot-trans-7/

3 komentar:

Mendoan mengatakan...

namanya juga versinya dia pak...
hahaha...

WK-Wonosobo mengatakan...

Bagi penggemar film dokumenter, ini adalah sebuah pelecehan ...

Mendoan mengatakan...

film dokumenter saya cenderung suka yg ttg sejarah dan teknologi...