Senin, 25 Juli 2011

Indikator Institusi ...

Bersih tidaknya suatu institusi dapat di nilai dengan suatu indikator yang sangat sederhana. Yaitu dari kebiasan makan para karyawannya.
Ciri-ciri sebuah instansi yang bersih yaitu apabila karyawannya makan bersama di rumah makan, bayarnya sendiri-sendiri. Atau setidak-tidaknya dibayarin dulu, baru nanti diganti di kantor (bila malu). Pada awalnya saya meragukan pendapat yang dikeluarkan oleh Nurkholis Madjid ini. Tetapi setelah mengalami sendiri, ternyata teori ini kebenarannya mendekati 100%.

Bila Anda makan bareng dengan rekan-rekan kantor atau bos Anda, lalu tanpa malu-malu Anda dan rekan-rekan maupun bos anda bayar sendiri-sendiri, saya yakin bahwa institusi tempat Anda cukup bersih dari korupsi. Kata-kata cukup bersih saya pakai karena sangat sulit mencari kantor yang 100% bebas korupsi dalam segala bentuk dan manifestasinya (rasanya sering banget denger kalimat ini waktu sekolah SD s.d SMA yach. Pelajaran PSPB apa ya ... ?).
Maksudnya tidak hanya masalah korupsi yang berhubungan dengan uang saja, tetapi juga masalah korupsi waktu dan korupsi penggunaan fasilitas negara untuk kepentingan pribadi.
Sekarang silahkan mengamati kantor tempat Anda bekerja. Masuk kategori yang manakah kantor Anda?
Jadi mudah sekali menilai seperti apa kondisi kantor Anda bukan ?
Saya sich berharap kantor Anda semua termasuk yang bersih. Semoga saja ... 

Tidak ada komentar: